Cara Membuat Kalender Hitungan MUndur

 

Cara Membuat Milestone / Hitungan Mundur di WordPress.

Request pertama di bulan Ramadhan tahun ini. Datang dari adhipradja, pertanyaannya : “bang mau nanya cara masukin kalender lebaran yang ada di blog abang gmna caranya? kasih tahu dong pliis :)

Kalender yang dimaksud adalah Widget Milestone. Widget Milestone adalah Widget untuk membuat hitungan mundur untuk tanggal tertentu. Misalnya Anda ingin menampilkan hitungan mundur untuk hari ulang tahun Anda, atau hitungan mundur seperti yang saya gunakan disidebar saat ini, yaitu hitungan mundur untuk Hari Lebaran / Hari Idul Fitri 1433 H Bulan depan. Begitu kita masukkan tanggal hari H (19 Agustus 2012) maka secara otomatis akan terlihat hitungan mundurnya mulai hari ini.

Cara Membuat Milestone / Hitungan Mundur ini sangat mudah :

  • Tambahkan widget Milestone ke sidebar Anda, yaitu melalui Menu TampilanWidget, maka Anda akan melihat pengaturan widget terlihat seperti gambar berikut :

Judul – Teks ditampilkan sebagai “Judul Widget“. Teks ini akan muncul menjadi judul dari widget pada sidebar Anda. Jika Anda lebih memilih bahwa judul tidak ditampilkan, biarkan saja field ini kosong.

Acara / Event – Teks yang dimasukkan dalam bidang ini akan menampilkan judul acara tepat di atas tanggal. Jika Anda tidak menginginkannya untuk ditampilkan, biarkan saja field ini kosong.

Tanggal dan Waktu – Mengatur tanggal dan waktu untuk acara Anda. Pengaturan tercantum dalam urutan sebagai berikut: bulan, hari, tahun, jam, menit.

Pesan – Pesan ini akan ditampilkan setelah hitungan mundur berakhir. Anda dapat menggunakan tag html berikut: <a>, <em> dan <strong>. Jika Anda lebih memilih bahwa pesan tidak akan ditampilkan, biarkan saja field ini kosong.

Demikian Cara Membuat Milestone / Hitungan Mundur di WordPress ini semoga bermanfaat.

2 Replies to “Cara Membuat Kalender Hitungan MUndur”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *