Cara Mengganti Alamat Pada Blog

 

Menjawab pertanyaan sahabat tentang bagaimana Cara Merubah / Mengganti Alamat Blog WordPress.com, kali ini saya akan mencoba berbagi Tutorialnya. Beberapa alasan kita mengganti atau merubah alamat blog diantaranya agar blog yang telah kita buat dapat terlihat lebih keren. :mrgreen: misalnya seperti yang akan kita coba merubah alamat ifancafeu.wordpress.com menjadi catatanirfanhandi.wordpress.com. (Sebelumnya saya menyarankan agar berhati-hati sebelum mengganti alamat blog ini, karena secara otomatis alamat blog baru anda akan terindex dari awal lagi seperti membuat blog baru, hanya saja seluruh artikel yang ada pada blog lama dapat diakses kembali).

Bagi Anda yang berminat  Mengganti Alamat Blog WordPress Anda, berikut langkah-langkahnya :

1. Seperti biasa Login ke Akun WP Anda, kemudian masuk ke Menu Dasbor lalu pilih Blog Saya.

2. Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar berikut. Arahkan mouse ke alamat blog yang ingin Anda ganti sehingga muncul beberapa pilihan. Klik pada Change Blog Address.

3. Selanjutnya akan muncul halaman berikut. Isikan alamat baru blog Anda pada kotak isian New Blog/Site Address. Pada contoh ini saya akan mengganti http://ifancafeu.wordpress.com/ menjadi http://catatanirfanhandi.wordpress.com/. 

Keterangan pada Matching Username? :

  1. Tandai jika ingin membuat nama pengguna baru bagi blog baru Anda.
  2. Ganti nama pengguna lama yang pernah Anda gunakan misalnya “bayangankfg” menjadi “catatanirfanhandi” (Anda tidak dapat mengembalikan nama pengguna lama jika memilih pilihan ini)
  3. Pilih tidak untuk tetap di pengaturan sebelumnya.
  4. Centang pada Discard Current Address untuk menghapus secara permanen blog lama Anda. Namun jika Anda ingin blog lama tetap aktif, silahkan dibiarkan saja. Lalu klik Review my changes.

4. Setelah mantap dengan pengaturan Anda langsung saja klik pada tombol I’m Sure, jika masih ingin mengubahnya klik tombol Batal.

5. Selesai. Anda telah berhasil merubah atau mengganti alamat blog wordpress Anda. Untuk melihatnya silahkan Refresh halaman beranda Anda.

Berikut screenshot dari Alamat lama sebelum dan sesudah diganti.

Tampilan Blog Sebelum diganti (http://ifancafeu.wordpress.com/)

Alamat Baru setelah diganti (http://catatanirfanhandi.wordpress.com/)

Catatan : TIDAK DISARANKAN UNTUK BLOG YANG SUDAH MEMILIKI TRAFICT TINGGI (BLOG SENIOR) KARENA SETELAH MENGGANTI ALAMAT BLOG INI, SEMUA LINK AKAN DIARAHKAN KE ALAMAT BARU ANDA SEHINGGA SECARA OTOMATIS SEARCH ENGINE TIDAK DAPAT MENGINDEX ALAMAT BLOG BARU ANDA. AKIBATNYA BLOG BARU ANDA AKAN MERANGKAK DARI NOL LAGI :-D .

 

2 Replies to “Cara Mengganti Alamat Pada Blog”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *